Cara Menggunakan Whatsapp Web

aplikasi whatsapp web

Whatsapp mungkin sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia bahkan dunia, karena hampir seluruh orang yang memiliki HP pasti didalamnya memiliki aplikasi whatsapp.

Whatsapp merupakan aplikasi pesan singkat yang menduduki urutan teratas sebagai media percakapan dan perpesanan populer dunia. Dan telah diunduh lebih dari 2 miliar orang lebih pada google play store.

Jika ingin mengirim pesan menggunakan whatsapp kamu harus memiliki koneksi internet tanpa harus ribet mengisi pulsa. Mungkin sebagian orang hanya mengetahui kalau whatsapp itu hanya bisa digunakan pada HP saja. Namun kenyataan nya whatsapp juga bisa digunakan pada Perangkat Komputer atau sering disebut juga Whatsapp Web.

Meskipun berbeda perangkat untuk menggunakannya namun tujuannya sama yaitu agar bisa melakukan komunikasi menggunakan whatsapp di perangkat komputer nya. Inilah Kelebihan WhatsApp Business.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan semua informasi terkait mengenai Whatsapp Web. Namun sebelum lanjut lebih jauh kamu harus tahu dulu mengenai sekilas tentang Whatsapp Web.

Sekilas Tentang Whatsapp Web

Apa si Whatsapp Web itu ? Whatsapp Web adalah layanan platform whatsapp yang bisa di akses melalui browser internet pada komputer, entah itu pada laptop maupun juga desktop.

Pengguna bisa lebih mudah melakukan percakapan langsung melalui di web browser komputer, namun dengan catatan pengguna harus mengaktifkan terlebih dahulu aplikasi whatsapp di ponselnya.

Mengapa harus mengaktifkan aplikasi whatsapp yang ada di ponsel terlebih dahulu ? Karena Whatsapp Web menggunakan sistem mirroring, dimana ketika kamu ingin membuka whatsapp pada komputer itu harus dihubungkan dulu dengan whatsapp yang ada di ponsel, untuk lebih jelasnya setelah ini kami akan bahas bagaimana cara menggunakannya.

Pada dasarnya semua aktivitas percakapan whatsapp web ini harus terhubung dengan whatsapp ponsel. Dulu jika ponsel mati otomatis whatsapp web tidak akan menerima pesan atau panggilan apapun dari orang lain sebab penghubungnya mati. Namun sekarang ada pembaruan fitur yaitu tetap terhubung meskipun ponselnya sedang offline.

Cara Menggunakan Whatsapp Web

Sebagian dari kalian mungkin masih ada yang tidak tahu bagaimana cara menggunakan whatsapp web. Maka dari itu kami akan membagikan tutorial bagaimana cara menggunakan whatsapp web. Berikut ini panduannya.

  1. Untuk membuka whatsapp web, silahkan kunjungi situs https://web.whatsapp.com/
  2. Kemudian, bukalah whatsapp pada ponsel kalian dan pilih gambar titik 3 yang ada dipojok atas
  3. Setelah itu klik opsi whatsapp web
  4. Kamu bisa melakukan scan QR code yang muncul pada ponsel dan diarahkan pada kode yang muncul di whatsapp web yang ada di laptop kamu.
  5. Selesai whatsapp kamu telah berpindah ke whatsapp browser laptop kamu.

Fitur

Pada umumnya whatsapp web memiliki fitur yang tak jauh berbeda dengan aplikasi  whatsapp yang ada pada ponsel. Kamu bisa mengirim pesan ke semua kontak pribadi yang ada pada HP kamu melalui laptop.

1. Tetap terhubung walaupun ponsel dalam keadaan offline

Seperti yang telah kami katakan diatas bahwa fitur ini belum lama diperbaharui, dulu whatsapp web tidak bisa mengirim pesan apabila ponsel kamu dalam keadaan mati. Namun sekarang fitur ini telah diperbaharui hanya dengan kamu mengaktifkan fitur beta multi perangkat. Kamu bisa tetap mengakses whatsapp melalui laptop.

Adapun cara untuk menikmati layanan ini yaitu kamu harus menghubungkan ulang whatsapp ponsel dengan whatsapp web. Berikut ini cara menghubungkan ulangnya :

  1. Buka aplikasi whatsapp ponsel
  2. Pilih gambar titik 3 yang ada di pojok atas
  3. Klik perangkat tertaut
  4. Pilih beta multi perangkat, otomatis whatsapp web kamu akan terputus dan akan ada barcode lagi untuk dihubungkan ulang.
  5. Setelah iti kamu bisa scan barcode tersebut dan tunggu beberapa saat sampai whatsapp terbuka.
  6. Selesai, kamu bisa menggunakan whatsapp web meskipun perangkat ponsel sedang offline.

2. Mengirim pesan teks

Pada aplikasi whatsapp yang ada di ponsel kamu bisa mengirim pesan teks, emoticon, Gif, dan stiker. Itu bebas tanpa batasan begitu pula pada whatsapp web kurang lebih sama seperti WA ponsel. Namun jika ingin melakukan panggilan video atau mengirim pesan suara, mungkin itu ada prosedur  yang perlu dilakukan lagi.

3. Keamanan enkripsi end-to-end

Whatsapp memiliki fitur keamanan yang terjamin yaitu isi percakapan kamu tidak akan diketahui oleh orang lain bahkan pihak whatsapp pun sendiri. Hal ini dilakukan karena menghindari adanya data-data pengguna yang disalah gunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Sekarangh ini memang ada cukup banyak kemudahan yang bisa kita dapatkan dari aplikasi WhatsApp ini, contohnya saja apabila menggunakan RA Whatsapp yang mana terdapat banyak sekali fitur di dalamnya baik dari sisi tema maupun privasi.

4. Menghadirkan banyak tema

Pada aplikasi whatsapp ponsel itu hanya menyediakan beberapa tema saja sehingga penggunanya kadang merasa bosan dengan suasana pada whatsapp ponsel tersebut. Namun berbeda dengan whatsapp web, karena ini menghadirkan warna warni tema yang unik sehingga penggunanya tidak merasa bosan.

5. Mengirim file dengan sangat mudah

Kamu bisa sangat mudah mengirim file atau menerima file dari orang lain melalui whatsapp web. Karena ini mendukung layanan kirim dokumen, file, gambar, video dan lain sebagainya.

6. Pengaturan Keyboard

Kamu bisa mensetting keyboard whatsapp web melalui menu yang tersedia agar memudahkan kamu dalam menggunakan aplikasi pesan singkat tersebut. Itu pun jika kalian merasa canggung dan baru menggunakan whatsapp web.

Cara Logout Dari WhatsApp Web

Kamu membutuhkan cara ini agar whatsapp mu bisa keluar kembali apabila sewaktu-waktu ketika ingin membuka whatsapp pada komputer kantor. Kamu harus memperhatikan ketika ingin login karena bisa-bisa whatsapp mu disalah gunakan oleh orang yang tak dikenal.

Adapun cara untuk keluar dari whatsaApp Web melalui laptop yaitu dengan cara pilih ikon titik tiga pada menu profil dan tekan opsi keluar. Setelah itu whatsApp kamu secara otomatis akan logout.

Perbedaan WhatsApp Web Dengan WhatsApp Desktop

Banyak orang yang keliru menanggapi bahwa WhatsApp Web dengan WhatsApp Desktop itu sama, namun kenyataan nya sangat berbeda meskipun sama-sama dioperasikan pada komputer.

Whatsapp web merupakan whatsapp yang dapat diakses browser seperti opera, chrome, mozilla dan berbagai jenis browser lainnya. Dimana kamu tidak mendownload nya melainkan perlu mengakses melalui website saja.

Nah jika Whatsapp desktop merupakan whatsapp yang diinstall pada laptop atau perangkat komputer. Jadi whatsapp desktop ini harus di download terlebih dahulu jika ingin digunakan. Untuk penggunaanya sendiri ini sama dengan aplikasi whatsapp yang ada di ponsel.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai WhatsApp Web Apk, fitur, cara menggunakannya dan lain sebagainya yang mungkin berguna buat kalian yang sedang mencari informasi mengenai hal tersebut. Sekian dan terimakasih. Artikel ini sudah kami kutip dari Steadfast-Marine.co.id.

 

Cara Menggunakan Whatsapp Web

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: